Currently Reading

Menindak lanjut permasalahan tentang printer epson r230 yang sudah saya posting beberapa waktu yang lalu tentang, paper jam dan cariage macet sebelah kanan, dan untuk printer r230x 2 mempunyai masalah hasil cetak kosong alias tidak ada tinta sama sekali yang keluar dari head yang akan dibahas sekarang ini.

Yang menjadi penyebab printer epson r230 hasil cetaknya kosong (tidak ada tinta sama sekali), mungkin yang lebih kita ketahui atau di fahami biasanya tinta dalam tabung kosong, sehingga ketika proses print tinta yang seharusnya di semprotkan oleh head, hanyala angin saja karena tinta dalam tabung kosong.

Kalau masalahnya seperti itu ya .. anak kecil juga mungkin tahu, tetapi masalah ini lain karena tinta dalam keadaan siap (ada) kalau di head clean tinta seperti biasa ada keluar / tertarik oleh pompa head, tetapi hasil cetak tidak ada sama sekali, kasus seperti ini biasanya terputusnya saluran / kabel / tegangan dari motherboard print ke head, sehingga head tidak bekerja sama sekali, atau juga dikarenakan oleh head yang sudah rusak.

Masalah yang sering terjadi :

  1. Putus salah satu kabel yang menuju head (disebabkan karena penggantian head, mobo print yang kurang teliti ketika mencabut kabel dari sekoket, sehingga menimbulkan kabel head putus)
  2. Putusnya salah satu fuse/sekring yang menuju head (disebabkan adanya konslet di bagian depan fuse, sehingga fuse putus yang dimaksudkan sebagai pengaman agar tidak merambat ke komponen lainnya)

Untuk mengatasi masalah ini sebelumnya anda harus mengingat dulu sebelum terjadi masalah seperti diatas, mungkin anda pernal melakukan hal yang ada pada nomor 1 dan 2, seandainya tidak pernah melakukan apa-apa silahkan melakukan cek :

  • Membuka head
  • Periksa kabel yang masuk ke soket head jangan ada lipaatan, tumpukan, gosong, kabel/sirkuit terkelupas atau kena tinta.
  • Bersihkan dari cairan / tinta yang menempel ke kabel head
  • Kalau sudah OK pasang kembali dengan hati-hati
  • Cek tegangan dari Fuse 1  (F 1) sampai ke Fuse 2 (F 2) apabila tidak ada tegangan lanjutkan . …
  • Cek fuse, (F 1 dan F 2)
  • Ganti fuse, (kalau memang sudah rusak / tidak nyambung) sampai tegangan ada yang mengalir ke ujung fuse F2 karen ajung fuse F2 lah yang langsung mengarah ke head.
F1 terletak di bagian depan dekat elco c40

F1 terletak di bagian depan dekat elco c40

F2 terletak di bagian belakang dekat transistor Q3

F2 terletak di bagian belakang dekat transistor Q3

Apabila setelah penggantian Fuse dilakukan tetapi tegangan tidak keluar ke F2, kemungkinan besar masih ada konslet sebelum F2 bisanya pada komponen Q2 , dan biasanya printer jadi tidak menyala sama sekali, karena tegangan + dari C40 yang menuju ke C transistor Q2 mengalami konslet hingga tegangan yang menuju ke F2 juga akan mengalami konslet, karena tegangan yang menuju ke F2 murni di ambil dari out F1.

Semoga artikel kali ini bisa sedikit membantu anda yang sedang mengalami masalah diatas …

Salam …..

Leave a Reply